Dear Bunda, Ada banyak cara untuk melepas stres setelah mengalami kejenuhan  sepanjang hari, salah satunya adalah dengan menonton film komedi. Menonton adegan lucu lewat film komedi dapat membantu kita terhibur dan tertawa. Selain itu, film bergenre komedi juga dapat membuat suasana kembali fresh usai menikmati tingkah-tingkah lucu para aktor yang mungkin sebagian tak masuk akal dan tidak bakal terjadi dalam kehidupan nyata.

Trus, masih bingung mau menonton film komedi apa yang benar-benar menghibur? Berikut rekomendasi film komedi terbaik versi Kata Bunda.com —

1. My Stupid Boss (2016)

Untuk urusan akting Reza Haradian tidak perlu lagi dipertanyakan kemampuannya, My Stupid Boss film yang diangkat dari novel ringan Chaos Work dan disutradarai Upi Avianto menceritakan tentang Diana, wanita pindahan dari Indonesia yang ikut suaminya Dika (Alex Abbad) ke Malaysia yang tadinya tidak bekerja. Selang beberapa lama dia akhirnya kembali bekerja dengan melamar ke kantor teman Dika dulu, Bossman (Reza Rahadian). Di sinilah petaka dimulai.


Bossman ternyata punya kepribadian yang super menyebalkan karena menganggap dirinya selalu benar dan, sayangnya, bodoh. Diana dan rekan kerjanya dizolimi oleh sikap semena-mena bosnya tersebut. Sepanjang film ini kita akan dibuat tertawa miris akibat kelakuan absurd si Bossman.

2. Home Alone (1990)


Siapa yang tak terrgelak menyaksikan Aksi kocak kevin McCallister, film ini melekat kuat di ingatan anak 80 dan 90an. 

Home Alone hampir selalu tayang di televisi Indonesia tiap tahunnya untuk memeriahkan momen natal. Rilis tahun 1990, Home Alone berkisah tentang Kevin McCallister (Macaulay Culkin) yang tertinggal di rumah sendirian saat keluarganya berlibur ke Paris. Keadaan semakin memburuk ketika rumah Kevin menjadi incaran para pencuri. Kevin pun mengatur strategi agar rumahnya aman dari pencuri tersebut.

3. Rush Hour (1998)


Ngomongin  film komedi, pantang sekali meninggalkan trilogi Rush Hour yang menyajikan aksi laga namun penuh canda antara Jackie Chan dan Chris Tucker.

 
Berkisah tentang hubungan kerja sama antara detektif kepolisian Hong Kong dengan detektif FBI Amerika, yang awalnya mau menyelamatkan nyawa anak konsulat Tiongkok yang diculik. Kesuksesan Rush Hour 1, membawa film ini menjadi trilogi yang tidak kalah mengocok perut. Bayangkan saja, aksi kung fu dan seni bela diri Jackie Chan yang melegenda, bertemu dengan mulut yang terlalu banyak bicara milik Chris Tucker. Walau film ini sudah lawas dijamin Bunda dan keluarga bakal ngakak jika menyaksikan film ini. Kocak banget deh pokoknya. 

4. Scandal Makers (2008)


Film komedi korea ini berkisah soal mantan idola para remaja, Nam Hyeon-soo (Cha Tae-hyun) yang telah berusia 30 puluhan dan bekerja sebagai seorang DJ Radio. Suatu Hari dia dikagetkan dengan kedatangan seorang gadis yang membawa anak kecil ke apartemennya. Gadis itu mengaku bahwa dia adalah anaknya Hyeon-soo. Tentu saja, Hyeon-soo tidak percaya begitu saja, dia tidak terima jika dia ternyata sudah memiliki anak yang berusia 22 tahun dan cucu yang berusia 7 tahun. Akhirnya dia pun meminta kedua orang yang datang tiba-tiba tadi untuk melakukan tes DNA.


Setelah tes hasilnya keluar dan benar saja bahwa mereka adalah darah daging sang mantan idola para remaja. Singkat cerita mereka pun diizinkan tinggal di tempat tinggalnya. Film ini merupakan eksplorasi yang sehat tentang sebuah keluarga,  beberapa kali adegan yang ada akan membuat gelak tawa sekaligus haru dari para penonton. Recomended sekali buat ditonton tentunya.

5.  Mahasiswi Baru (2019)


Apa yang ada dibayangan kita saat mendengar kata Mahasiswi baru? Seorang gadis kinyis-kinyis yang menggemaskan? Tapi bagaimana Jika mahasiswi baru yang dimaksud adalah seorang lansia bernama Lastri (Widyawati), nenek Lastri ingin menghabiskan masa tuanya dengan duduk di bangku kuliah. Tidak hanya belajar dan kuliah, Lastri juga menjalani kehidupan layaknya anak kuliah masa kini. Mereka pun membentuk sebuah geng yang suka bikin rusuh di kampus, hal ini tentunya nenimbulkan kericuhan hingga anak Lastri, Anna (Karina Suwandi), pusing menghadapi ibunya yang ikut-ikutan bandel seperti pulang larut malam dan sering keluyuran. Anna jadi sering memarahi tingkah laku Lastri seolah memarahi anaknya sendiri. Sepanjang film kita akan melihat aksi kocak nenek Lastri sebagai mahasiswi.

6. Yes Day (2021)


Yes Day merupakan film arahan sutradara Miguel Arteta. Cerita Yes Day diadaptasi dari buku berjudul sama karya Amy Krouse Rosenthal, menceritakan sepasang suami istri bernama Carlos Torres (Edgar Ramirez) dan Allison (Jennifer Garner), yang telah dikaruniai tiga orang anak. Suatu ketika, Katie salah satu anak mereka mulai merasa muak dengan sikap orang tuanya yang kerap berkata ‘tidak’ Padahal, menurut orang tuanya, keduanya melakukan hal tersebut demi melindungi Katie dan adik-adiknya. Katie kemudian mengusulkan bahwa keluarga mereka harus menghabiskan waktu sehari bersama. Dan kedua orangtua tersebut harus mengatakan ‘ya’ untuk semua yang dikatakan anak-anaknya selama 24 jam penuh. Orang tua tersebut akhirnya sepakat untuk memberlakukan ‘Yes Day’, yakni hari di mana mereka akan selalu berkata ‘ya’ kepada anak-anaknya.Namun, tanpa disangka, keputusan tersebut justru membawa mereka ke berbagai macam petualangan luar biasa di sekitar Los Angeles. Kebayang kan gimana keseruan keluarga mereka hari itu.

7. Extreme Job (2019)


Berkisah soal lima detektif yang sedang menangani kasus narkoba, yakni ketua tim Go (Ryoo Seung-Ryong), beserta rekan-rekannya  Detektif Jang, Detektif Ma,  Detektif Young Ho dan Detektif Jae Hoon. Kisah bermula saat tim detektif ini menyelidiki peredaran narkoba yang dijalankan oleh kartel internasional, Moo Bae (Shin Ha Kyun). Di tengah usaha mereka yang terlihat bodoh dan sia-sia, Selain itu kegagalan yang kerap mereka dialami juga mendapat kritik dari atasan, bahkan ancaman pemecatan di depan mata. Singkat cerita, Go mengetahui ada sebuah restoran ayam tradisional Korea yang tengah diambang kebangkrutan. Dia pun membeli dan menggunakan restoran tersebut untuk meneruskan misi pengintaian bandar narkoba. Namun sayang, restoran itu malah jadi terkenal sebab rasa makanannya enak dan khas. Sejak itu Kapten Go dan tim malah mulai mengalami hal-hal yang aneh dan tidak fokus menjalankan misi menangkap sang bandar. Sepanjang film kita akan menikmati aksi kejar kejaran, baku hantam yang mengocok perut.

8. Orang Kaya Baru


Film ini mengisahkan sebuah keluarga yang mendadak menjadi kaya raya. Awalnya keluarga tersebut merupakan keluarga sederhana yang hidupnya pas-pasan namun tetap kompak. Lukman Sardi berperan sebagai Bapak, Cut Mini sebagai Ibu. Mereka memiliki tiga orang anak Duta  (Derby Romero), Tika (Raline Shah) dan Dodi (Fatih Unru).  Meskipun bukan keluarga kaya, mereka mampu menjalani hari dengan menyenangkan. Bapak selalu bahagia meski tidak punya uang. Bahkan terkadang untuk urusan makan, Duta, Tika dan Dodi sampai masuk ke kondangan orang yang sebetulnya tidak mereka kenal.

Kehidupan keluarga tersebut berubah ketika Bapak meninggal dunia. Bapak menjadi sosok panutan dalam keluarga tersebut. Bapak ternyata meninggalkan warisan harta yang cukup banyak kepada istri dan anaknya. Selama ini Bapak merahasiakan harta yang dimilikinya tersebut.

9. Guru-Guru Gokil (2020)

Guru-Guru Gokil mengisahkan seorang bernama Taat Pribadi (Gading Marten) yang berambisi menjadi orang sukses. Baginya, kesuksesan berarti memiliki banyak uang. Pekerjaan apa pun rela ia lakukan demi mendapatkan uang asalkan tidak bekerja sebagai guru. Ia telah lama membenci profesi yang disebut “pahlawan tanpa tanda jasa” tersebut karena suatu hal. Namun pada akhirnya, ia justru menjadi guru karena hanya itulah pekerjaan ‘yang ada’ untuknya. Film ini menggambarkan guru sangat nyata, bagaimana mereka mendapat gaji sangat kecil meski pekerjaannya tidak mudah. Belum lagi profesi guru kurang dihargai dan masih dipandang sebelah mata. Selain itu, film ini juga menggambarkan kondisi nyata dana bantuan dari pemerintah yang kerap kali telat cair padahal sekolah sedang sangat membutuhkan.

Bunda, orang bilang, gelak tawa adalah obat yang murah namun berkhasiat. Kata-kata ini bukan pepesan kosong, lho, tapi sudah dibuktikan secara ilmiah. Tahu kah Bunda Ketika kita tertawa, otak melepaskan zat bernama endorfin yang dapat meningkatkan kemampuan kita mengabaikan rasa sakit. Yuk kurangi stres dan buat diri kita happy dengan menonton film komedi.

LEAVE A REPLY